arrow-right cart chevron-down chevron-left chevron-right chevron-up close menu minus play plus search share user email pinterest facebook instagram snapchat tumblr twitter vimeo youtube subscribe dogecoin dwolla forbrugsforeningen litecoin amazon_payments american_express bitcoin cirrus discover fancy interac jcb master paypal stripe visa diners_club dankort maestro trash

News

Gizpel Merilis "309", Single Baru Bersama Bin Idris

Gizpel Merilis "309", Single Baru Bersama Bin Idris


Di tengah proses penggarapan album perdananya, Gizpel melambatkan tempo untuk menjemput sebuah panggilan spiritualitas lewat sebuah single baru berjudul "309" yang mengangkat riwayat kepercayaan samawi The Seven Sleepers atau Ashabulkahfi tentang tujuh pemuda dan seekor anjing yang tertidur di dalam gua selama 309 tahun. Gizpel juga mempercayakan singer/songwriter Bin Idris turut serta dalam penulisan lirik dan menyanyikan nomor bernuansa kraut/dreamy ini.

Kami mengobrol singkat dengan Raka, Alit, Fadil, Hasan, dan Joshua untuk menanyakan langsung bagaimana perjalanan mereka berbelok ke Ephesus setelah sebelumnya di No Surrender (2018) mereka masih mengutuk federasi sepak bola di atas tribun GBK. Simak jawaban mereka dan video lirik dari Ratta Bill yang membayangkan alam mimpi ketujuh pemuda saleh berikut ini.

Kolibri Rekords: Ingat gak kapan pertama kali kalian mendengar kisah The Seven Sleepers dan apa yang kalian pikirkan pada waktu itu?

Gizpel: Karena kebetulan kami berbeda keyakinan, masing-masing dari kami mempunyai cerita tersendiri kapan pertama kali mendengar kisah tersebut. Bagi Raka, Hasan, dan Fadil, mungkin telah mendengar kisah ini sejak kecil, disajikan lewat audio visual yang juga dibarengi dengan kisah teladan lainnya dan yang dipikirkan pada waktu itu lebih pada si anjing yang setia menemani.

Kemudian untuk Joshua dan Alit, pertama kali mendengar kisah ini ketika Fadil menceritakannya. Saat itu Joshua langsung terbesit komposisi musik yang menurut kami terdengar menyejukkan dan terasa retrospektif secara spiritual.

Dari kisah The Seven Sleepers, berangkatlah kerinduan kami untuk sejenak saling menilik kondisi hati di tengah dunia yang terus menerus mencoba berkompromi dengan iman kita.

Bagaimana kisah The Seven Sleepers berelevansi dalam kehidupan kita hari ini?

Peradaban yang lebih baik dalam konteks hubungan antar manusia yang horizontal maupun hubungan transendental yang vertikal, tanpa ada kelas yang saling menjatuhkan, dan menyudutkan satu sama lain. Menanti kapan tiba waktunya kita akan ditidurkan lagi untuk kemudian dibangunkan, selamanya.

Seandainya kalian ditidurkan seperti mereka oleh YME dan bisa memilih kapan kalian bangun, apa yang kalian harapkan untuk kalian lihat begitu keluar gua?

Mungkin mengacu pada kisah The Seven Sleepers, kita harap ketika keluar dari pengasingan di gua kita dapat bangun di dunia yang sangat asing namun pada saat yang bersamaan juga sangat familiar. Perasaan takjub dan heran akan keelokan sebuah dunia baru yang nampaknya tidak lagi fana, dan bukan maya. Rasanya abadi. Dikelilingi sungai-sungai yang airnya menyegarkan dan alam kehidupan yang menyejukkan sanubari. Yang ternyata, ketika ditelusuri lebih dalam, merupakan wujud nyata dari Paradiso. Pengampunan dan kekekalan diberikan. Gak sia-sia rasanya selalu mengamalkan.

Mempercayakan Bin Idris adalah keputusan yang gak butuh dipertanyakan lagi. Tolong kasih 5 lagu Bin Idris favorit kalian.

1. Rebahan
2. Di Atas Perahu
3. Temaram
4. Kisah Sang Katak
5. Angin Dari Timur

Dari ngomongin sepak bola, sekarang ngomongin kisah dari kitab suci. Buat kalian di mana titik temu olahraga dan perjalanan relijiusitas seseorang?

Kalau ditanya titik temunya, sepak bola dan perjalanan relijusitas sama-sama hal yang hampir kita pikirin setiap hari. Tapi di keadaan kayak sekarang, pertandingan sepak bola diberhentikan sementara untuk alasan kesehatan, jadi yang paling kita pikirin yhal-hal relijius. Daripada terlalu pusing mikirin hidup duniawi yang fana, pengen ingetin aja buat kita sendiri dan orang-orang yang percaya, kalau kehidupan akhirat itu abadi. Mungkin kisah The Seven Sleepers ini bisa jadi acuan bagaimana kita harus bersikap di keadaan kayak gini, intinya ya percaya dan berdoa aja.

Dengarkan dan unduh gratis "309" di sini.

Shopping Cart